Ponorogo Trail Run 31 Oktober 2021 Perjalanan kami di mulai dari rumah pukul 05.00 menuju Dukuh Seketip Desa Pupus Kecamatan Ngebel  Ponorogo, perjalanan ke desa Pupus dari kota di tempuh ± 35 km dengan medan jalan  melewati jalan yang cukup terjal. 
Ini kami rencanakan untuk mencoba ekplore gunung Kayurubung. sesampainya kami di daerah seketip kami menemui warga sekitar untuk berniat menitipkan kendaraan. Dari rumah warga sekitar pukul 07.00 kami mulai berjalan di barengi sedikit lari kecil karena jalan yg di lalui masih runable. 
Rute yang di lalui di kilometer pertama masih di dominasi tanah basah. Setelah melewati 2 kilometer kontur tanah sudah berubah menjadi tanah humus khas pegunungan ketinggian 1000 mdpl, vegetasi pun juga terlihat kerapatannya yg memang masih jarang ada orang yg melintasi di rute tersebut. 
Di sepanjang rute kami disuguhi panorama kabut sejuk khas daerah alami pegunungan selain itu banyaknya pohon pohon kopi arabica juga menambah daya tarik rute gunung Kayurubung. 


Gunung ini memiliki punggungan yang bisa mengarah ke Gunung Manyutan di sebelah barat laut segmen ini juga bertujuan untuk mengeksplore sport tourism yang belum ada di kawasan tersebut. 
Dari puncak Kayurubung kami mencoba untuk meneruskan perjalanan ke Gunung Manyutan namun kami terkendala alat untuk mencari jalan karena hilangnya jalur. Sementara itu perjalanan kami harus kembali ke bawah untuk merencanakan eksplore ini. 



Sesampainya di bawah navigasi dan pencatat waktu serta elavasi sepanjang perjalanan kami mencatatkan jarak tempuh pp 4.27 km, elevation gain 524 m, ketinggian/altitude 1532 mdpl. 

Pada setiap gunung memiliki karakter yang berbeda beda dengan melalui rute yang kami lalui dan segala pertimbangan kami menilai gunung Kayurubung layak mendapat skore 8 dari indikator penilaian 1 - 10. 

Mau tau next episeode ekplore kami terus pantau website, media sosial kami.

-Ahmad Kholisun Nawa