Artikel ini adalah hasil sharing di group WA PTR, kami share untuk berbagi pengalaman.


Salah satu timbulnya cidera pada kaki adalah di sebabkan kurangnya warming up/pemanasan sebelum Latihan.


Setiap mau memulai latihan jogging atau pun program speed (lari Kentjang) biasakan pemanasan terlebih dahulu sampai Benar-benar kondisi badan lemas dan siap untuk melaksanakan kegiatan berlari.


Poin kedua malasnya minum Air Mineral setelah latihan.

Jangan ragu-ragu minumlah air putih yg banyak setelah latihan dan mau tidur siang/malam fungsinya juga membantu mengurangi resiko cidera pada otot kaki, karena otot pun memerlukan asupan Nutrisi dari air mineral.


Begitu juga setelah proses latihan, secapek apapun kondisi badan kita sempatkan untuk melaksanakan Cooling down/Pendinginan terlebih dahulu baru istirahat..


Cara  melaksanakan Colling down..

Misalkan Anda Latihan jogging dengan Pace 4-6, Setelah Anda melakukan program latihan minum secukupnya baru jalan kaki Selama 2 (dua) menit/ sesuai kondisi tubuh Anda, Baru  melaksanakan jogging Cooling down dengan pace 7-8 selama +/- 10 menit, dilanjutkan jalan kaki 5 menit barulah Anda minum yang banyak baru pendinginan di tempat...


Salah satu tujuan Cooling down adalah mengembalikan kondisi detak jantung normal kembali setelah melaksanakan latihan dengan intersitas tinggi dan melemaskan Otot-otot yg tadinya tegang di pakai buat program Lari.


Untuk yg masih pakai Pace 6-8 cukup jogging Cooling down dengan pace 9-10 Selama 10menit juga..


Semoga sedikit membantu Rekan-rekan Buat Dijadikan Kebiasaan..


Jangan lupa dalam kegiatan latihan rutin, otot memerlukan waktu buat istirahat, usahakan dalam 1 minggu  ada waktu istirahatnya minimal 1Hari Full / 1½ Hari


Penulis CHAMIT NUR CHOLIS